Cara Memilih Oven Temperature Logger Yang Ideal

January 29, 2021   |   In NDT

Mungkin Anda pernah bertanya, bagaimana cara memilih Oven Temperature Logger yang ideeal untuka aplikasi oven temperature saya? Apakah Anda seorang Engineer yang merencanakan proyek profiling suhu tungku Anda berikutnya, ataukan Anda memiliki toko cat yang harus memnuhi permintaan pengujian cat sebagai bagian dari quality control? Banyaknya opsi yang tersedia saat memilih Oven Temperature Logger tentu membuat Anda bingung. Anda dapat membaca artikel ini sebelum memilih Oven Temperature Logger yang paling ideal untuk Anda.

Apa itu Thermal Profiling?
Thermal Profiling adalah pengukuran suhu di seluruh rongga oven. Pada dasarnya, ada dua jenis profil suhu oven; melalui proses profiling  atau batch oven profiling. Melalui proses tersebut, pembuatan profil berkaitan dengan terowongan atau oven konveyor sementara oven batch dimuat dan dibongkar secara manual. Oven batch biasanya menggunakan pencatat data tetap di luar oven, sedangkan oven berbasis konveyor memerlukan pencatat data yang dapat bergerak dengan konveyor melalui oven; seringkali melalui banyak zona. Melalui proses, oven profiling digunakan untuk memvalidasi bahwa bagian-bagian yang bergerak melalui siklus pengeringan mengalami waktu pada suhu tertentu selama proses dibandingkan dengan mengandalkan suhu yang dilaporkan pengontrol. Ini membutuhkan pencatat data suhu tinggi serta penutup penghalang termal pelindung untuk lebih mengisolasi logger elektronik dari suhu oven yang tinggi.

Lalu, sistem temperature profiling mana yang tepat untuk Anda?
Saat memutuskan oven temperature logger, ada baiknya untuk terlebih dahulu mempertimbangkan tidak hanya kebutuhan langsung Anda tetapi juga kebutuhan masa depan Anda. Pertama dan terpenting, berapa banyak input suhu yang dibutuhkan aplikasi Anda, dan berapa banyak input suhu yang mungkin Anda inginkan di masa mendatang? Karena pencatat data tersedia dalam berbagai konfigurasi dan model, mengetahui apa yang Anda butuhkan sekarang dan mungkin di masa depan akan berdampak signifikan pada pilihan Anda. Apakah Anda perlu mengukur suhu udara dan permukaan komponen Anda? Rentang termokopel apa yang Anda perlukan untuk bekerja dengan jenis yang umum digunakan termasuk J, K, dan T. Apakah enklosur pencatat memerlukan perubahan fase untuk dimasukkan untuk operasi yang lebih lama dalam suhu oven? Seberapa ramah pengguna perangkat lunak tersebut, dan apakah ia menawarkan penghitungan persentase sembuh? Apakah Anda memerlukan fitur perangkat lunak tambahan seperti analisis data dan cetakan laporan?

DeFelsko PosiTest OTL

DeFelsko PosiTest OTL (Oven Temperature Logger) digunakan untuk mencatat dan membuat profil suhu parts saat mereka bergerak melalui oven.


PosiTest OTL mampu mencatat hingga 40.000 set data menjadi 6 batch independen (group). Set Data terdiri dari pengukuran dari masing-masing sensor termokopel tipe-K yang terhubung. Pengukuran hingga 6 sensor tipe K direkam hingga 22 jam dengan interval tetap 2 detik.

LOGGER KITS datang dengan temperature logger, stainless steel high temperature barrier box, choice of holder, 6 engraved probe ID tags, two AAA batteries, instructions, Long Form Certificate of Calibration traceable to NIST, carrying case, USB cable, PosiSoft Desktop software, and garansi 2 tahun.

Berbagai macam probe suhu tersedia untuk PosiTest OTL dengan kabel jalinan baja tahan karat 1,8, 3,6, atau 6 m (6 ', 12', atau 20 '). Sertifikat Kalibrasi yang menunjukkan ketertelusuran ke NIST disertakan.