Testex Press O Film Replica Tape Untuk Mengukur Surface Profile

January 27, 2023   |   In NDT

tstex press o film

Pengukuran profil permukaan adalah proses penting yang harus dinilai secara akurat untuk memastikan kesesuaian dengan spesifikasi pekerjaan. 

Oleh karena itu, setiap industri memerlukan instrumen yang dapat mendukung pengukuran ini, salah satunya dengan Testex Press O Film Replica Tape. 

Produk yang Digunakan

Untuk mengukur profil hasil replica tape, Anda dapat menggunakan Digital Replica Tape Reader dari brand DeFelsko berikut ini:

1. Testex Press O Film Replica Tape

Testex Press O Film Replica Tape

2. DeFelsko Replica Tape Reader PosiTector RTR H

DeFelsko Replica Tape Reader PosiTector RTR H

3. DeFelsko PosiTector RTR 3D

DeFelsko PosiTector RTR 3D

Apa Itu Testex Press O Film?

Testex Press-O-Film Replica Tape adalah plester yang terdiri dari lapisan busa atau microfoam plastik (compressible foam) yang dilapisi dengan film poliester (incompressible polyester) dengan ketebalan yang beragam. 

Testex Press-O-Film Replica Tape tersedia dalam beberapa kelas untuk memenuhi kebutuhan pengukuran dalam rentang profil yang berbeda.

Variasi Testex Press-O-Film Replica Tape

Testex Press-O-Film Replica Tape konvensional tersedia dalam berbagai rentang ketebalan, meliputi:

Order Code

Grade

Range

Alat Ukur

RTCMIN

Coarse minus

0.5 to 1.0 mils (12 to 25 µm)

PosiTector RTR H

RTC

Coarse

0.8 to 2.5 mils (20 to 64 µm)

RTXC

X-Coarse

1.5 to 4.5 mils (38 to 115 µm)

RTXCPLUS

X-Coarse Plus

4.6 to 5.0 mils (116 to 127 µm)

 

Sedangkan untuk Optical Grade Replica Tape yaitu pada grade Coarse dan X-Coarse memiliki rentang ketebalan berikut ini:

Order Code

Grade

Range

Alat Ukur

RTCOG

Optical Grade Coarse

0.8 to 2.5 mils (20 to 64 µm)

PosiTector RTR 3D

RTXCOG

Optical Grade X-Coarse

1.5 to 4.5 mils (38 to 115 µm)

 

Fungsi Testex Press O Film

Testex Replica Tape berfungsi untuk mengukur profil permukaan (surface profile) dengan membuat replika permukaan. Metode ini telah banyak digunakan sejak dulu, terutama pada coating industry. Dengan replica tape ini Anda dapat mengetahui kekasaran dari suatu permukaan material yang dibaca nilainya dengan alat ukur thickness gauge micrometer atau replica tape reader.

Mengapa Pengukuran Surface Profile Penting Dilakukan?

Umumnya, material baja di setiap industri (seperti pada jembatan, kapal, gerbong) selalu dicat atau dilapisi coating untuk mencegah terjadinya korosi atau berkarat. 

Sebelum material logam tersebut dicat, permukaannya harus terlebih dahulu dibersihkan dan dibuat kasar untuk memastikan cat melekat. Proses ini biasanya dilakukan dengan grit atau shot blasting. 

Jika permukaan yang dihasilkan terlalu halus, cat atau coating tidak akan menempel. Sedangkan jika permukaannya terlalu kasar, puncak pada profil permukaan dapat menembus lapisan coating dan berpotensi menyebabkan material menjadi berkarat. Oleh karena itu, Testex replica tape berperan penting dalam aplikasi industri ini.

Bagaimana Cara Kerja Testex Press O Film?

Prinsip kerja Testex Press O Film Replica Tape

Replica tape terdiri dari lapisan busa yang dapat dimampatkan (compressible foam) dan bekerja dengan cara ditempel dan ditekan pada suatu permukaan. Saat ditekan pada permukaan (baja) yang kasar dan dilakukan burnishing, maka busa tersebut akan runtuh untuk mereplika profil permukaan yang dikerjakan. 

Cara Kerja Testex Replica Tape

Proses burnishing replica tape di atas permukaan ini dilakukan menggunakan alat penggosok (burnishing tool) dengan ujung bulat (Ø8 mm). Lapisan replica tape yang telah digosok dan runtuh akan menggambarkan profil kekasaran dari permukaan yang diukur.

Selanjutnya, replica tape tersebut diukur ketebalannya dengan menggunakan alat ukur seperti Dial Thickness Gauge ataupun Replica Tape Reader. Replica tape ini juga dapat dibaca secara 3D menggunakan Replica Tape Imager seperti PosiTector RTR 3D.

Seberapa Akurat Pengukuran Menggunakan Testex Press O Film?

Ada beberapa cara untuk mengetahui keakuratan suatu instrumen atau metode pengujian. Metode yang paling umum adalah mengukur standar di laboratorium kalibrasi. Hal ini mungkin sulit untuk instrumen surface profile gauge karena tidak ada standar surface profile yang dapat dilacak. Sedangkan untuk beberapa instrumen seperti mikrometer kedalaman, akurasi dapat diperkirakan menggunakan standar ketinggian yang dikalibrasi. 

Untuk replica tape, ASTM D01.46 menggunakan satu set panel yang diuji dengan berbagai profil permukaan, dan membandingkan hasil dari replica tape dengan pengukuran yang dilakukan pada panel yang sama menggunakan mikrometer drag stylus yang dikalibrasi (Metode ASTM D4417 D). 

Di semua rentang replica tape 0,8-4,5 mil (20-115 mikron), pembacaan berbeda kurang dari ± 0,3 mil (± 9 mikron), seperti yang dirangkum dalam tabel di bawah ini.

Instrumen

Akurasi

Replica tape (ASTM D4417 Method C, ISO 8503-5)

±0.3 mils (±9 microns)

 

Karena permukaan yang diuji dengan replica tape memiliki bentuk yang kompleks dan acak, kemampuan instrumen yang mengukurnya belum tentu menunjukkan hasil yang sama secara konsisten dan berulang.

Pada tahun 2011, ASTM D01.46 melakukan studi antar laboratorium, yang mengukur reprodusibilitas pengukuran yang dilakukan oleh banyak pengguna dan laboratorium. Hasilnya dirangkum sebagai berikut:

Instrumen

Reprodusibilitas pada 3 mils (75 microns)

Replica tape (ASTM D4417 Method C, ISO 8503-5)

±0.4 mils (±9 microns)

Comparator (ASTM D4417 Method A)

±1.6 mils (±41 microns)

Drag Stylus (ASTM D4417 Method D)

±0.6 mils (±15 microns)

 

Nilai akurasi ditentukan pada 3 mil pada tabel di atas dan biasanya bervariasi di semua rentang instrumen. Untuk replica tape:

Pengukuran profil replica tape

Reprodusibilitas

1.3 mils (33 microns)

±0.2 mils (±5 microns)

2.6 mils (66 microns)

±0.5 mils (±13 microns)

2.8 mils (71 microns)

±0.4 mils (±9 microns)

3.7 mils (94 microns)

±0.3 mils (±8 microns)

4.2 mils (107 microns)

±0.4 mils (±9 microns)

 

Kesimpulan yang didapat dari pengujian tersebut adalah Testex Press-O-Film Replica Tape adalah metode pengukuran yang paling akurat.

Kelebihan Testex Press O Film

Seperti yang telah dijelaskan pada poin di atas, Testex Press O Film Replica Tape merupakan metode pengukuran yang paling akurat dengan harga terjangkau, dibanding metode lainnya. Testex Press O Film ini juga menjadi pilihan yang praktis karena didukung oleh instrumen replica tape reader yang presisi.

Testex Press-O-Film HT adalah versi perbaikan dari Press-O-Film (dihentikan pada tahun 2010). Press-O-Film HT (High Temperature) diformulasikan untuk kinerja yang lebih baik pada lingkungan kerja dengan suhu tinggi (hingga 140°F atau 60°C).

Simak Video Berikut ini:

Distributor Testex Press O Film di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi Testex Press O Film di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan Testex Replica Tape di perusahaan Anda, silahkan hubungi kami melalui halaman kontak.

Kunjungi juga halaman Facebook, Instagram, Youtube, Linkedin dan TikTok kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.